Senin, 03 Agustus 2020

RENCANA STRATEGIS TAHUN 2016 - 2021


Sebagai amanat Undang-Undang Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka Pemerintah Daerah wajib menyusun dokumen perencanaan pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Jangka Menengah (RPJM), dan Rencana Strategis SKPD (Renstra SKPD) dan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja SKPD). Dalam rangka melaksanakan amanat tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep menyusun dokumen perencanaan pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016 – 2021 sebagai penjabaran Visi dan Misi Kepala Daerah yang terpilih.
Berkaitan dengan hal tersebut maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep menyusun Renstra sebagai upaya penjabaran RPMJD dalam ruang lingkup tugas pokok dan fungsi Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Paradigma Perencanaan Pembangunan dewasa ini menghendaki agar pendekatan perencanaan memadukan pendekatan teknokratis, demokratis, partisipatif, politis, bottom-updan top down process. Ini bermakna bahwa perencanaan daerah selain diharapkan memenuhi kaidah penyusunan rencana yang sistematis, terpadu, transparan, dan akuntabel; konsistendengan rencana lainnya yang relevan; juga kepemilikan rencana (sense of ownership)menjadi aspek yang perlu diperhatikan.
Keterlibatan stakeholder dan legislatif dalam prosespengambilan keputusan perencanaan menjadi sangat penting untuk memastikan rencana yangdisusun mendapatkan dukungan optimal bagi implementasinya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar